A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Dinas Dukcapil Mengadakan Sosialisasi Kepemilikan Akta Kelahiran Bagi Aparat Gampong Dalam Kabupaten Aceh Barat.

 

 sosialisasi

MEULABOH, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat mengadakan Sosialisasi Kepemilikan Akta Kelahiran khusus bagi para aparat gampong dalam Kabupaten Aceh Barat. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 09 s.d. 10 Mei 2017 bertempat di Aula Disdukcapil Kab. Aceh Barat, Meulaboh.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kab. Aceh Barat (Bapak Muhammad Yusuf, SE) yang didampingi oleh Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil dan Kasi Akta Kelahiran dan Kematian selaku leading sector yang sekaligus menjadi narasumber dalam acara tersebut. Dalam sambutannya Kadis Dukcapil mengatakan bahwa acara ini sangat penting bagi aparat-aparat gampong yang selama ini menjadi ujung tombak dalam melaksanakan pendaftaran penduduk di gampong masing-masing. Selain aparat gampong, sosialisasi ini nantinya juga akan mengundang para bidan-bidan desa dan penolong kelahiran lainnya, yang direncanakan akan diselenggarakan pada pertengahan  Mei 2017. Hal ini diharapkan agar proses pembuatan akta kelahiran bagi masyarakat yang membutuhkan dapat berjalan sesuai prosedur dan ketentuan perundang-undangan.

Dalam penyampaian materi yang dibawakan oleh Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil (Bapak Drs. Saijal Wahbi) mengangkat judul "Strategi pelayanan pencatatan sipil dalam upaya percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran". Hal ini dirasa penting karena permasalahan yang sering terjadi dalam pembuatan akta kelahiran selama ini akibat kurang paham nya masyarakat memaknai peristiwa penting. Ini dapat dilihat dari banyaknya kasus permohonan perubahan peristiwa penting (tanggal lahir/tahun) oleh masyarakat. Selain itu adanya indikasi yang mengarah kepada upaya pemalsuan data, akibat tingginya keluhan masyarakat terhadap keterntuan persyaratan dalam rangka pembuatan akta pencatatan sipil. Sehingga kasus-kasus tersebut membuka peluang kecenderungan masyarakata untuk menggunakan jasa percaloan untuk mengurus akta pencatatan sipil. Hal ini diakibatkan karena rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kepemilikan akta pencatatan sipil.

Oleh karena itu, tujuan akhir atau output yang diharapkan dalam sosialisasi ini adalah terwujudnya kesamaan persepsi diantara para aparat gampong dalam pengurusan akta-akta pencatatan sipil agar lebih memperhatikan ketentuan perundang-undangan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat melanggar hukum. Karena pada dasarnya kepemilikan akta kelahiran merupakan hak azasi setiap warga negara yang dilindungi undang-undang. (rq)