A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Disdukcapil Aceh Barat Sosialisasikan Kegiatan Aklamasi Dansa

Disdukcapil Aceh Barat Sosialisasikan Kegiatan Aklamasi Dansa

Kamis, 21 September 2017 16:36:11 admin editor Disdukcapil

aklamasi

 

MEULABOH, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Sosialisasi Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 26 Tahun 2017, pada hari Kamis (14/09) bertempat di Aula Disdukcapil Kab. Aceh Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan baru di bidang pelayanan pencatatan sipil terutama dalam pengurusan akta kelahiran dan akta kematian yang memanfaatkan dana desa (non prioritas). Selain itu, Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Sosialisasi Perbup ini merupakan salah satu agenda dalam milestone jangka pendek peserta Diklat PIM Tingkat IV Angkatan III Tahun 2017 pada tahap laboratorium kepemimpinan. 

Acara dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil (Bapak Muhammad Yusuf, SE). Selain itu turut hadir Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Drs. Saijal Wahbi); Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data (Cut Idarmawaty Umar, SSTP) selaku Mentor, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan (Riki Abadi, SE, M.Sc) selaku Project Leader, Perwakilan LSM KOMPAK, GeRAK dan PKPM selaku stakeholders serta para Kasi Pemerintahan di Kecamatan dan 12 orang perwakilan Keuchik Gampong di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat, dengan jumlah peserta rapat sebanyak 35 Orang.

Kegiatan pengurusan AKta keLAhiran dan akta keMAtian yang terintegraSI DANa deSA atau disingkat dengan Aklamasi Dansa, merupakan kegiatan yang melibatkan lintas bidang dan lintas sektor dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu karena terbatasnya anggaran yang tersedia, maka diundang hanya perwakilan beberapa gampong pada 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dukcapil mengatakan bahwa saat ini saat ini juga sedang berlangsung kegiatan Akta Keliling di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat. "Ini merupakan bentuk jemput bola (jebol) Adminduk yang akan terus diupayakan pada tiap tahunnya untuk peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran minimal 85% untuk Kabupaten Aceh Barat" ujar beliau.

Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan selaku project leader kegiatan ini dalam penyampaian materi menyampaikan bahwa Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 26 Tahun 2017 ini sudah dapat dilaksanakan, untuk itu diharapkan bagi para Keuchik agar dapat memerintahkan para petugas registrasi gampong untuk dapat mengumpulkan bahan pembuatan akta kelahiran dan kematian milik pemohon di gampongnya agar cakupan kepemilikan akta kelahiran dan akta kematian bisa mencapai target minimal 80% di akhir tahun 2017 ini. 

Adapun cakupan Akta Kelahiran untuk penduduk usia 0-18 tahun pada semester-1 tahun 2017 yaitu sebesar 76,53%. Untuk itu diperlukan kerjasama dilintas sektor sehingga ada sebuah rencana tindak lanjut yang disusun dapat diawasi dan dilaksanakan sesuai waktu yang telah disepakati. Dengan harapan adanya capaian dalam pencatatan yang lebih besar, terlebih lagi kegiatan pengurusan akta kelahiran dan akta kematian saat ini sudah memanfaatkan dana desa.

Selain itu, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan selaku Project Leader kegiatan Aklamasi Dansa pada saat presentasi turut memperkenalkan buku petunjuk teknis yang telah selesai dicetak dan dibagikan kepada seluruh peserta. Buku Juknis tersebut merupakan salah satu output dari kegiatan Aklamasi Dansa sebagai pedoman dalam mengurus akta kelahiran dan akta kematian milik warga gampong. Dari antusiasme peserta yang terlihat menunjukkan bahwa kegiatan proyek perubahan Aklamasi Dansa ini didukung penuh oleh semua peserta sosialisasi dan para stakeholders yang berkolaborasi dalam acara sosialisasi tersebut.