A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Aplikasi Pengaduan SaPA dan LAPOR! Segera Terintegrasi

Aplikasi Pengaduan SaPA dan LAPOR! Segera Terintegrasi

Jumat, 15 Desember 2017 09:42:19 admin editor Disdukcapil

 

sapa

 

Jakarta – Untuk mengoptimalkan layanan pengaduan masyarakat terkait layanan publik pemerintah, Kemendagri bersama Kantor Staf Presiden dalam waktu dekat akan mengintegrasikan aplikasi pengaduan Sapa dan Lapor. 

 

Kedua aplikasi pengaduan ini secara prinsip memiliki cara kerja dan tujuan yang sama sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat menyampaikan berbagai permasalahan terkait layanan publik yang mereka alami. 

 

“Aplikasi Sapa yang dikelola oleh Kemendagri akan segera diintegrasikan dengan aplikasi Lapor Kantor Staf Presiden”, jelas Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Arief M Edie, di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

 

Hal ini disampaikannya kepada para pengelola media komponen di lingkungan Kemendagri. 

 

Upaya penggabungan tersebut akan mulai dikerjakan pada akhir Desember 2017. Selanjutnya pada Januari 2018 akan dilakukan tanda tangan kesepahaman 3 menteri untuk penerapan gabungan Sapa dan Lapor. 

 

Selain itu, Pusat Penerangan akan terus berupaya untuk menyampaikan capaian kinerja dan inovasi yang dilalukan Kemendagri kepada masyarakat melalui berbagai media yang sudah ada. Untuk itu, dukungan dan kerjasama semua komponen Kemendagri menurutnya perlu terus ditingkatkan. 

 

“Komunikasi semua komponen Kemendagri kita tetap terjalin dan ditingkatkan. Kita ini tidak bisa kerja sendiri-sendiri karena saling terkait”, imbuh Arif. 

 

Menurutnya, komunikasi dan kerjasama sangat penting karena Pusat Penerangan menjadi corong Kemendagri kepada media dan masyarakat. 

 

Aplikasi Sapa Kemendagri 

 

Sapa Kemendagri adalah aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui Sapa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. 

 

Aplikasi Sapa Kemendagri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu. 

 

Aplikasi Sapa untuk Kemendagri dapat diakses melalui url http://www.sapa.kemendagri.go.id, sementara untuk daerah merujuk nama daerah dengan ekstensi go.id. 

 

Aplikasi Lapor

 

Sementara itu, Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. Lapor dapat diakses melalui www.lapor.go.id.

 

Lapor dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

 

Lapor diinisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik. 

 

Hingga April 2015, Lapor telah digunakan oleh lebih dari 290.000 pengguna dan menerima rata-rata lebih dari 800 laporan masyarakat per harinya. 

 

Lapor menjadi cikal-bakal sistem aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terpadu secara nasional.

(Sumber: http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/aplikasi-pengaduan-sapa-dan-lapor-segera-terintegrasi)