A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Dinas Dukcapil Aceh Barat Selenggarakan Bimtek Pemutakhiran Data Penduduk Tahun 2018

 

pemuda

MEULABOH - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat pada awal tahun 2018 ini melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Penduduk Kabupaten Aceh Barat. Acara ini berlangsung dari tanggal 02-06 April 2018 yang terbagi ke dalam 5 angkatan dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 322 orang yang berasal dari unsur kaur pemerintahan gampong dan petugas registrasi gampong (PRG).

Kegiatan pemutakhiran data penduduk ini dilaksanakan oleh Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, yang sepenuhnya didanai oleh APBK Aceh Barat Tahun Anggaran 2018 melalui DPA-SKPK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat.

Acara dimulai dengan penyampaian laporan kegiatan dari Ketua Panitia Bimtek Pemutakhiran Data Penduduk Tahun 2018 yang disampaikan oleh Ibu Cut Idarmawaty Umar (Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data). Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat dan dilanjutkan dengan pembekalan materi oleh 2 orang narasumber. Adapun tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada para Kaur Pemerintahan di gampong atau petugas registrasi gampong (PRG) selaku ujung tombak pelaksanaan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di tingkat desa/gampong.

Acara dipandu oleh Moderator Riki Abadi (Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan) dengan menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Syarifah Fahrial (Kasi PIAK) dan Zevi Gunata (Administrator Database). Dalam pemaparan materinya, para narasumber menyampaikan tentang pentingnya pemutakhiran data penduduk terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota Legislatif serta Pemilihan Langsung Presiden Tahun 2019. Dasar Pemutakhiran data penduduk ini nantinya akan digunakan dalam penentuan daftar pemilih tetap, sehingga melalui bimtek ini diharapkan akan terciptanya data kependudukan yang akurat (valid) dan dapat dipercaya. ***