A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat Buka Layanan "PERSAMI"

Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat Buka Layanan "PERSAMI"

Selasa, 17 Juli 2018 17:14:04 admin editor Disdukcapil

persami

 

MEULABOH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat membuka layanan khusus perekaman dan pencetakan KTP elektronik bagi warga Kabupaten Aceh Barat yang belum memiliki KTP-el. Layanan khusus ini diberi nama dengan layanan PERSAMI (PERekaman SAbtu-MInggu). PERSAMI yang dimaksud disini bukanlah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu milik Pramuka, melainkan kegiatan perekaman dan pencetakan KTP-el yang hanya dilaksanakan pada setiap akhir pekan mulai pukul 09.00 pagi s.d. pukul 13.00 WIB siang hari.

Menurut Bapak Muhammad Yusuf selaku Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat mengatakan bahwa layanan PERSAMI ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Nomor : 471.13/8039/Dukcapil tanggal 03 Mei 2018 yang mengamanatkan kepada seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota untuk memberikan layanan perekaman dan pencetakan KTP-el pada hari Sabtu-Minggu serta hari libur lainnya.

Selain itu, layanan PERSAMI ini juga untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki KTP-el dan belum sempat mengurus KTP-el pada Dinas Dukcapil pada hari-hari kerja. “oleh karena itu, bagi masyarakat yang merasa sudah pernah merekam KTP-el, atau baru memiliki surat keterangan pengganti KTP-el, atau bahkan sama sekali belum pernah merekam KTP-el kami harapkan dapat memanfaatkan fasilitas perekaman sabtu minggu ini” ungkap Kadis Dukcapil.

Sebagaimana diketahui, Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat selama ini hanya melayani perekaman dan pencetakan KTP-el pada satu tempat yaitu pada Dinas Dukcapil di Meulaboh. Layanan perekaman KTP-el di 12 kecamatan sudah di non-aktifkan. Sementara Kabupaten Aceh Barat sendiri memiliki 322 gampong yang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh untuk mengakses layanan KTP-el menuju Dinas Dukcapil di ibukota Meulaboh. Namun demikian, berbagai upaya telah dilakukan diantaranya melalui kegiatan Jebol (Jemput Bola) perekaman KTP-el di 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat.

Oleh karena itu, melalui layanan PERSAMI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan target capaian perekaman KTP-el bagi wajib KTP yang berjumlah sebanyak 140.356 Jiwa. Sementara itu, jumlah KTP-el yang sudah berstatus Print Ready Record (PRR) atau KTP-el yang siap cetak sampai dengan pertengahan Juli ini sebanyak 6.010 Jiwa. Bagi masyarakat yang KTP-el nya sudah berstatus PRR sudah dapat langsung diambil pada Dinas Dukcapil dengan membawa Fotocopy KK atau KTP lama. (rq)****