A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Disdukcapil Kembali Selenggarakan Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kependudukan Tahun 2018

kelembagaan

 

MEULABOH – Kolaborasi dan kerjasama lintas sektoral dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) merupakan hal yang terus diupayakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat demi mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Aceh Barat. Salah satu cara yang ditempuh oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat adalah melalui kegiatan Penguatan Kelembagaan Kependudukan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Juli 2018 bertempat di Aula Dinas Dukcapil Meulaboh.

Kegiatan yang bersumber dana dari APBK Aceh Barat Tahun 2018 ini mengambil tema “Melalui kegiatan penguatan kelembagaan kependudukan, kita tingkatkan kolaborasi dan pemberdayaan petugas registrasi gampong (PRG) menuju peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Aceh Barat”. Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-quran dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Bapak Muhd. Yani Effendi, SH)

Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang peserta yang berasal dari unsur Kepala Sekolah, Bidan Desa, Aparatur Gampong dan Petugas Registrasi Gampong (PRG) dari masing-masing kecamatan. Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kependudukan ini merupakan agenda tahunan Dinas Dukcapil yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat (Bapak Muhammad Yusuf, SE).

Dalam arahannya, Kadis Dukcapil menekankan beberapa hal penting yaitu terkait dengan data kependudukan yang dicatat dalam dokumen kependudukan dan akta pencatatan sipil merupakan data peristiwa penting seseorang yang melekat seumur hidup. Selain itu, kepemilikan dokumen kependudukan dan akta-akta pencatatan sipil merupakan hak dasar seseorang yang harus dimiliki sebagaimana amanat peraturan perundangan.

Acara ini menghadirkan narasumber Bapak Drs. Saijal Wahbi yang memberikan materi dengan judul “Inovasi Pelayanan Pencatatan Sipil Menuju Pencapaian Target Nasional”. Dalam pemaparan beliau yang dimoderatori oleh Bapak H. Indra Syahputra, SE, narasumber menyampaikan pointer-pointer penting sebagai berikut :

  1. Dinas Dukcapil hanya berwenang mencatat peristiwa penting seseorang berupa LAMPID (Lahir, Mati, Pindah dan Datang);
  2. Perubahan peristiwa penting seseorang dilaksanakan setelah adanya putusan penetapan pengadilan negeri setempat;
  3. Pencapaian cakupan kepemilikan akta kelahiran sampai dengan bulan Juni 2018 sebesar 89,48%. Pencapaian ini telah melampaui target yang ditetapkan secara nasional sebesar 85% pada Tahun 2018;
  4. Pencapaian akta kematian masih sangat rendah, salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan akta kematian. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya penyampaian informasi kepada masyarakat terutama melalui pelaksanaan sosialisasi.
  5. Peran serta petugas registrasi gampong (PRG) yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah di gampong perlu terus dimaksimalkan, terutama dalam rangka memfasilitasi kepentingan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil;***