A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Kejar Target Pemilih Pemula, Dinas Dukcapil Aceh Barat Rekam KTP-el ke Sekolah

Kejar Target Pemilih Pemula, Dinas Dukcapil Aceh Barat Rekam KTP-el ke Sekolah

Jumat, 19 Oktober 2018 12:09:10 admin editor Disdukcapil

rekam ktp

 

MEULABOH – Menyambut pesta demokrasi rakyat Indonesia dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) pada Tahun 2019 mendatang, Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Barat melaksanakan perekaman KTP Elektonik keliling ke sekolah-sekolah menengah atas (SMA/Sederajat) dalam  Kabupaten Aceh Barat. Adapun sasaran perekaman KTP-el yaitu para Siswa/Siswi SMA/Sederajat yang telah berusia 17 tahun atau akan berusia tepat 17 tahun pada hari pemungutan suara (17 April 2019).

Tujuan dari dilaksanakan perekaman KTP-el ke Sekolah ini tidak lain adalah untuk melindungi hak pilih para siswa/siswi selaku pemilih pemula pada Pilpres dan Pileg tahun 2019. Sebagaimana diketahui, KTP-el merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya, sehingga diharapkan para siswa/siswi tersebut dapat menggunakan hak pilihnya secara konstitusional. Selain berkunjung ke SMA, Dinas Dukcapil Kab. Aceh Barat juga menyasar para santri yang sudah berusia 17 tahun yang berada di Pesantren/Dayah-dayah dalam Kabupaten Aceh Barat.

Menurut Muhammad Yusuf selaku Kepala Dinas Dukcapil Kab. Aceh Barat, kegiatan ini merupakan terobosan baru dalam rangka mengejar target kepemilikan KTP-el bagi para calon pemilih pemula, “sehingga dengan demikian diharapkan tidak ada lagi anak berusia 17 tahun di Kabupaten Aceh Barat yang belum melakukan perekaman KTP-el”, ucap Kepala Dinas.

Pelaksanaan Perekaman KTP-el Keliling ke SMA/Sederajat ini dilakukan secara marathon sejak tanggal 15-31 Oktober 2018, dari 12 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Barat, setidaknya ada 4 (empat) kecamatan yang berkategori terdapat banyak siswa/siswi SMA/Sederajat. Sementara di 8 kecamatan lainnya juga dilakukan perekaman keliling yang bertempat di masing-masing ibukota kecamatan.

Dalam wawancara terpisah dengan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mohd. Yani Effendy, SH mengatakan pada saat perekaman KTP-el di sekolah, para siswa cukup menunjukkan fotocopy KK milik orang tua yang berdomisili di Kabupaten Aceh Barat. “Para siswa itu nantinya akan dilakukan pemotretan, identifikasi pola iris mata, sidik jari dan tanda tangan dengan perangkat scanner biometrik. Setelah semua itu selesai, semua KTP-el yang sudah berstatus Print Ready Record (PRR) akan langsung di cetak dan diantar oleh petugas ke sekolah masing-masing”. Sampai dengan berita ini diturunkan, setidaknya sudah 233 orang siswa/siswi yang telah melakukan perekaman KTP-el di masing-masing sekolah.