A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

FAQ

Frequently Asked Question (FAQ)

Kamis, 16 Februari 2017 11:21:30 disduk

Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan umum/tanya jawab yang sering muncul/ditanyakan oleh masyarakat terkait pelayanan pengurusan dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat. “Q” merupakan singkatan untuk Question (pertanyaan) dan “A” merupakan singkatan dari Answer (jawaban).

Apabila dari pertanyaan tersebut tidak terdapat pertanyaan seperti yang ingin anda tanyakan atau jawaban yang kami berikan belum memuaskan, maka dapat gunakan kolom pertanyaan disini 

Q  :    Pada hari apa dan jam berapakah pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dibuka pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat?

A  :    Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat dibuka pada setiap hari kerja (Senin-Jum’at) dari pukul 08.30 s.d. 16.30 WIB.

 

Q  :  Bagaimanakah prosedur/tata cara dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen kependudukan pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat?

A  :   Prosedur, tata cara dan persyaratan dalam pengurusan dokumen kependudukan (KTP, KK, Akta-akta) dapat dilihat disini. Selain itu, untuk lebih jelas dapat dibaca/diunduh Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 disini.

 

Q : Berapa hari maksimal proses pembuatan dokumen kependudukan sejak tanggal diterimanya berkas permohonan pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat?

A  : Untuk pembuatan kartu keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Pengesahan Anak, Akta Perceraian dan Akta Pengakuan Anak proses pembuatannya paling lambat 14 (Empatbelas) hari kerja. Sedangkan untuk pembuatan KTP-Elektronik, Akta Kematian dan Pengurusan Surat Pindah-Datang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja. Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 169 Qanun Kabupaten Aceh Barat Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

 

Q  :   Berapakah biaya yang  harus dikeluarkan untuk pengurusan dokumen kependudukan (KK, KTP, Akta-akta) pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat?

A  :  Semua pelayanan pengurusan dokumen kependudukan (KK, KTP dan Akta-akta Pencatatan Sipil) pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat TIDAK DIPUNGUT BIAYA. Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 79A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

 

Q  :  Apakah saya harus memperpanjang kembali KTP-Elektronik yang sudah habis masa berlaku pada tahun 2017/2018?

A   :  Semua KTP-El yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 diberlakukan (KTP-el keluaran tahun 2012) secara otomatis ditetapkan BERLAKU SEUMUR HIDUP dan tidak perlu diperpanjang kembali.Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 101 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.

 

Q  :  Apabila KTP-El saya hilang, rusak, patah atau pudar, apakah saya bisa mendapat pengganti KTP-El yang baru dari Disdukcapil Kab. Aceh Barat?

A  :  KTP-el yang hilang dapat diberikan penggantian yang baru apabila turut melampirkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian setempat. Bila KTP-el rusak, patah atau pudar maka dapat diberikan pengganti KTP-el yang baru dengan syarat membawa KTP-el yang rusak, patah, pudar tersebut untuk ditukar dengan KTP-el yang baru.

 

Q  :  Apabila KTP-el saya sudah berlaku seumur hidup, namun terjadi perubahan data seperti alamat, status perkawinan, apakah dapat diganti dengan yang baru?

A   :  KTP-el yang berlaku seumur hidup dapat diganti dengan yang baru apabila terjadi perubahan elemen data (alamat, status perkawinan, pekerjaan, tanda tangan dan foto) sesuai dengan data terakhir yang tertuang dalam Kartu Keluarga (KK). Yang tidak dapat dilakukan perubahan elemen data pada KTP-el adalah perubahan NIK dan hal yang berkaitan dengan biometrik pribadi (sidik jari dan iris mata).

 

Q   :  Apabila saya pernah melakukan perekaman KTP-el di kabupaten lain, kemudian pindah ke Kabupaten Aceh Barat, untuk mendapatkan KTP-el Aceh Barat apakah saya perlu melakukan perekaman ulang?

A   :  Tidak perlu. Karena pada dasarnya data penduduk yang terekam dalam KTP-el seluruh Indonesia sudah tersedia dalam sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) yang dituangkan dalam bentuk surat pindah yang ditujukan kepada Disdukcapil Kabupaten/kota tujuan. Namun sebaliknya, jika belum pernah melakukan perekaman KTP-el dimana saja, maka dapat melakukan perekaman KTP-el pada Disdukcapil Kab. Aceh Barat setelah proses pembuatan Kartu Keluarga (KK) selesai. Jadi, cukup membawa KTP lama dan KK terbaru di Kabupaten Aceh Barat untuk mendapatkan pengganti KTP-el yang baru.

 

Q : Dimanakah saya bisa mendapatkan formulir-formulir yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen kependudukan (seperti F1-01; F1-03 dll)?

A  :  Semua formulir yang digunakan dalam pengurusan dokumen kependudukan dapat diperoleh di kantor-kantor Kecamatan/Kantor Keuchik dan Disdukcapil Kab. Aceh Barat secara gratis, atau bisa mengunduh (download) formulir-formulir tersebut beserta tata cara pengisiannya disini.

 

Q   : Apakah pengambilan KTP-el boleh diwakili?

A   : Pengambilan KTP-el tidak dapat diwakili oleh siapapun. Pencetakan KTP-el hanya akan dilakukan apabila yang bersangkutan datang sendiri pada saat hari pengambilan, hal ini diperlukan untuk verifikasi sidik jari pemegang KTP-el. KTP-el tidak akan otomatis dicetak sebelum pemegang KTP-el tersebut datang langsung untuk mengambilnya.

 

Q  :  Saya telah melakukan perekaman KTP-el, namun setelah lebih dari 7 (tujuh) hari kerja KTP-el tersebut belum selesai juga dicetak, apa penyebabnya?

A   :  Penyebab KTP-el belum dapat dicetak pada saat hari pengambilan antara lain: data KTP-el tersebut belum selesai diverifikasi pada level pusat atau terdapat data ganda; terjadi kendala teknis atau gangguan koneksi jaringan/server; belangko KTP-el tidak tersedia/habis dan belum dikirim oleh Kemendagri; stok tinta printer (ribbon) KTP-el habis dan/atau sedang dalam masa perbaikan (maintenance).

 

Q  :  Apakah saya dapat melakukan perubahan/perbaikan nama dan/atau tanggal lahir yang datanya tidak sama antara KK/KTP/Akta atau Ijazah?

A  :  Perubahan atau perbaikan elemen data seperti nama/tempat lahir/tanggal, bulan dan tahun lahir maupun perubahan jenis kelamin pada KK/KTP/Akta kelahiran dapat dilakukan apabila telah memiliki KEPUTUSAN PENGADILAN yang tetap dan mengikat. Atas dasar putusan pengadilan tersebut maka Disdukcapil Kab. Aceh Barat akan mengeluarkan dokumen kependudukan yang baru sesuai dengan perintah pengadilan. Disdukcapil Kab. Aceh Barat hanya dapat melakukan perbaikan apabila terjadi kesalahan penulisan (redaksional) satu atau dua huruf akibat kesalahan pengetikan pada dokumen kependudukan.

 

Q   :  Jika orang tua saya ingin membuat akta kelahiran namun tidak memiliki beberapa persyaratan seperti surat keterangan kelahiran dari penolong kelahiran dan buku nikah kedua orang tuanya, apakah akta kelahiran tersebut masih dapat diproses?

A   :  Untuk kasus seperti ini, solusinya adalah dengan menggunakan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran data kelahiran, dan SPTJM kebenaran sebagai pasangan suami isteri, serta membawa 2 (dua) orang saksi untuk menandatangani SPTJM tersebut. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2016 tentang percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran.

 

Q  : Apakah saya dapat melakukan pengurusan dokumen kependudukan secara online pada webiste resmi Disdukcapil Kab. Aceh Barat ini?

A   :  Mohon maaf, untuk sementara layanan pengurusan dokumen kependudukan secara online pada situs ini belum tersedia. Layanan administrasi kependudukan secara online masih dalam tahap pengembangan.