A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

Kamis, 23 Februari 2017 10:51:31 disduk

Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis  dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelayanan pencatatan sipil. Untuk melaksanakan tugas tersebut, bidang pelayanan pencatatan sipil menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan perencanaan pelayanan pencatatan sipil;
  2. perumusan kebijakan teknis pencatatan sipil;
  3. pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
  4. pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil;
  5. pelaksanaan penerbitan dokumen pencatatan sipil;
  6. pelaksanaan pendokumentasian hasil pelayanan pencatatan sipil;
  7. pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pencatatan sipil; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

 

a.  Seksi Kelahiran dan Kematian

Seksi Kelahiran dan Kematian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian, dengan penjabaran fungsi sebagai berikut :

  1. penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja di Seksi Kelahiran dan Kematian;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Seksi Kelahiran dan Kematian;
  3. pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian;
  4. pelaksanaan pendaftaran, penelitian, dan pencatatan berkas serta pemrosesan Akta Kelahiran dan Akta Kematian bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing;
  5. pelaksanaan pemrosesan surat keterangan yang berhubungan dengan peristiwa kelahiran Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing;
  6. pelaksanaan pencatatan dan pemberian surat keterangan laporan kelahiran yang peristiwanya di Luar Negeri;
  7. pelaksanaan pencatatan perubahan dan pembatalan akta;
  8. pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

 b.  Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan

Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pelayanan pencatatan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan, dengan penjabaran fungsi sebagaimana berikut :

  1. penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja di Seksi perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan.;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis;
  3. pelaksanaan pelayanan pencatatan dan penerbitan akta perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan.;
  4. pelaksanaan pendaftaran, penelitian, dan pencatatan berkas serta pemrosesan Akta Perkawinan dan Perceraian yang bukan beragama Islam bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing;
  5. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pelayanan pencatatan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.