A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data

Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis  dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolan informasi administrasi kependudukan, kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data dalam melaksanakan tugas juga menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan perencanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  2. perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  3. pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  4. pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  5. pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

 

 a.  Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)

Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola teknologi dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi, dengan penjabaran fungsi sebagai berikut :

  1. penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja di Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  3. pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
  4. pelaksanaan kegiatan sosialisasi/penyuluhan/temu teknis kependudukan, pencatatan sipil dan administrasi kependudukan lainnya;
  5. pelaksanaan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola informasi administrasi kependudukan;
  6. pelaksanaan koordinasi secara terpadu dengan satuan kerja terkait dalam rangka mendukung kegiatan penyuluhan kependudukan, pencatatan sipil dan administrasi kependudukan lainnya;
  7. pelaksanaan perencanaan, pengadaan, mendistribusikan metode dan sarana penyuluhan Kependudukan, pencatatan Sipil dan Administrasi Kependudukan lainnya;
  8. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

b.  Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan

Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan, koordinasi dan pelaksanaaan kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan, dengan penjabaran fungsi sebagai berikut :

  1. penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja di Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan;
  3. penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  4. penyiapan kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan dan perguruan tinggi dalam rangka tertib administrasi kependudukan;
  5. pelaksanaan sosialisasi iklan layanan masyarakat melalui media cetak dan elektronik;
  6. pelaksanaan komunikasi, informasi dan edukasi secara langsung kepada masyarakat;
  7. penetapan indikator kependudukan, proyeksi penduduk dan analisis dampak kependudukan;
  8. pelaksanaan koordinasi dan sosialisasi hasil penyusunan indikator, proyeksi dan analisis dampak kependudukan serta kebijakan kependudukan kepada khalayak sasaran;
  9. penyusunan dan melaksanakan penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar daerah dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah;
  10. pendayagunaan informasi atas indikator kependudukan dan analisis dampak kependudukan untuk perencanaan pembangunan berbasis penduduk;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.